Abstract Data Type dalam bahasa C

Abstract Data Type atau tipe data bentukan


Pengertian Data Bentukan


Tipe data bentukan adalah tipe data yang dibuat sendiri sesuai kebutuhan dalam program yang akan kita buat. Tipe ini lebih dikenal dengan sebutan dalam bahasa asing, yaitu user defined types. Adapun yang termasuk ke dalam tipe bentukan adalah array (larik), struktur dan enumerasi.

  •    Struktur

Struktur adalah tipe data bentukan yang menyimpan lebih dari satu variabel bertipe sama maupun berbeda. Untuk mumbuat tipe data struktur dalam C, menggunakan kata kunci struct. Bentuk umum pendeklarasian tipe:
Struct nama struktur {      Tipe_data variabel1;      Tipe_data variabel2;      ...}
  •  Enumerasi

Tipe Enumerasi adalah tipe data yang nilainya terbatas pada nilao-nilai yang telah didefinisikan saja. Tipe ini digunakan untuk membentuk tipe data yang nilainya bersifat pasti. Misalnya nama hari, jenis kelamin dan seterusnya
Contoh: enum jenis_kelami(pria, wanita)               enum hari (minggu, senin, selasa, rabu, kamis, jumat, sabtu)
Contoh Algoritma


struct nama_struktur
{
       tipe_data variabel1;
       tipe_data variabel2;
...
};
Dalam pendeklarasian strukrur kita harus mengakhirinya dengan tanda titik koma / semicolon (;).
Jika kita telah membuat tipe data bentukan baru yang berjenis struktur tentu kita akan menggunakannya di dalam pendeklarasian sebullah variabel. Pada saat itu, kita harus melakukan pengaksesan terhadap isi dari struktur tersebut dengan operator titik (.).

Sebagai contoh sederhana yang menerangkan tipe data struktur adalah dengan melihat suatu objek, Misalnya Mahasiswa. Kita tahu bahwa Mahasiswa pasti memiliki NIM, nama, alamat, umur, dll. Kasus ini dapat kita implementasikan ke dalam tipe struktur.

Berikut adalah contoh programnya :



b. Enumerasi
Tipe enumerasi adalah tipe data yang nilainya terbatas pada nilai-nilai yang telah di definisikan saja. Tipe enumerasi digunakan untuk membentuk tipe data yang nilainya bersifat pasti. Misalnya untuk mendefinisikan tipe jenis kelamin, nama hari, warna primer dan sebagainya. Kita tahu bahwa jenis kelamin hanya terdiri dari pria dan wanita saja, maka jenis kelamin dapat kita bentuk ke dalam tipe enumerasi. Enumerasi juga ditujukan untuk penanganan kesalahan proses input, output maupun proses pengolahan data dalam internal CPU. Dalam pemrograman C atau C++ tiap-tiap jenis kesalahan akan diidentifikasi oleh nama konstanta hal ini dikarenakan lebih mudah mengingat nama konstanta dibanding nilai atau angka. Untuk mendefinisikan tipe enumerasi adalah dengan menggunakan kata kunci enum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SORTING DALAM BAHASA C

Fungsi Dan Prosedur Dalam Bahasa C

Fungsi Pencarian Binary Search dan Sequential search